Cara Mengaktifkan Akun Grab yg Dibekukan Pengalaman

Posted on

Akun Grab yang dibekukan adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna aplikasi Grab, baik itu driver maupun penumpang.

Grab yang dibekukan berarti akun tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi atau pesanan melalui aplikasi Grab.

Tentu saja hal ini sangat merugikan, apalagi jika Anda mengandalkan Grab sebagai sumber penghasilan atau sarana transportasi.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan akun Grab yang dibekukan? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba:

Menghubungi Customer Service Grab

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi customer service Grab melalui nomor telepon 021-80648777.

Cara Mengaktifkan Akun Grab yg Dibekukan Pengalaman

Anda akan dilayani oleh petugas yang akan menanyakan alasan dan lama akun Anda dibekukan. Jika akun Anda dibekukan karena kesalahan sistem atau pelanggaran ringan, maka customer service Grab akan membantu Anda untuk mengaktifkan kembali akun Anda.

Namun, jika akun Anda dibekukan karena pelanggaran berat, seperti melakukan kecurangan, menggunakan VPN, atau sering membatalkan pesanan, maka customer service Grab tidak akan bisa membantu Anda.

Mengajukan Banding Akun Grab

Langkah kedua yang bisa Anda coba adalah mengajukan banding akun Grab melalui situs web resmi Grab.

Anda harus mengisi formulir banding yang berisi data diri, nomor telepon, alamat email, dan alasan mengapa akun Anda dibekukan.

Juga harus menyertakan bukti-bukti yang mendukung klaim Anda, seperti screenshot pesan, riwayat transaksi, atau dokumen lainnya. Setelah mengisi formulir banding, Anda harus menunggu balasan dari tim Grab yang akan meninjau kembali kasus Anda.

Proses ini bisa memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung pada tingkat kesulitan dan jumlah permintaan banding.

Baca Juga : Bisakah Daftar Grab Car Tanpa Mobil?

Datang ke Grab Driver Center Terdekat

Langkah ketiga yang bisa Anda coba adalah datang langsung ke Grab Driver Center terdekat di kota Anda.

Di sana, Anda bisa bertemu dengan staf Grab yang akan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah akun Anda. Anda harus membawa identitas diri, kartu SIM, dan ponsel yang terdaftar di akun Grab Anda.

Staf Grab akan memeriksa akun Anda dan memberikan solusi yang sesuai dengan kondisi akun Anda. Jika akun Anda masih bisa diaktifkan kembali, maka staf Grab akan memberikan instruksi langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Jika akun Anda sudah tidak bisa diaktifkan kembali, maka staf Grab akan memberitahu Anda alasan dan sanksi yang diberikan.

Baca Juga : Download Formulir Pendaftaran Grab Bike Disini

Membuat Akun Grab Baru

Langkah keempat yang bisa Anda coba adalah membuat akun baru dengan menggunakan nomor telepon dan email yang berbeda dari akun lama Anda.

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil. Namun, perlu diingat bahwa membuat akun baru juga memiliki risiko tersendiri.

Pertama, Anda harus memulai dari awal lagi untuk membangun reputasi dan rating akun Anda.

Kedua, Anda harus berhati-hati untuk tidak melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku di Grab.

Ketiga, Anda harus siap jika sewaktu-waktu akun baru Anda juga bisa dibekukan jika sistem Grab mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan.

Baca Juga : Cara Transfer OVO Grab ke Rekening

Mencegah Akun Grab Dibekukan

Langkah kelima yang sebaiknya Anda lakukan adalah mencegah akun Grab Anda dibekukan dengan cara-cara berikut ini:

  1. Berpenampilan rapi dan sopan saat mengemudi atau naik Grab.
  2. Menggunakan atribut resmi dari Grab, seperti jaket dan helm.
  3. Menggunakan kendaraan yang sesuai dengan standar pabrik dan terdaftar di aplikasi Grab.
  4. Sering menolak atau membatalkan pesanan.
  5. Menjaga rating bintang tetap tinggi dengan memberikan pelayanan yang baik dan ramah.
  6. Tidak melakukan kecurangan dengan menggunakan aplikasi tambahan ilegal atau tidak resmi.
  7. Terlalu sering mengambil pesanan dari pelanggan yang sama atau memiliki penumpang langganan.
  8. Tidak log in menggunakan ponsel lain tanpa memindah kartu SIM.
  9. Terlalu sering mengganti nama akun.
  10. Tidak mengganti lokasi atau menggunakan VPN.

Baca Juga : Cara Transfer Ovo Grab ke Shopeepay

Berapa lama akun Grab di nonaktifkan?

Tidak ada jawaban pasti tentang berapa lama akun Grab di nonaktifkan.

Hal ini tergantung pada penyebab dan tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna akun Grab. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan akun Grab di nonaktifkan, seperti SIM kadaluarsa, rating rendah, sering menolak atau membatalkan pesanan, melakukan kecurangan, dan sebagainya.

Ada juga beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengaktifkan kembali akun Grab yang di nonaktifkan, seperti menghubungi customer service Grab, mengajukan banding melalui situs web resmi Grab, datang ke Grab Driver Center terdekat, atau membuat akun baru dengan nomor telepon dan email yang berbeda.

Namun, tidak ada jaminan bahwa cara-cara ini akan berhasil untuk semua kasus. Proses pengaktifan kembali akun Grab bisa memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung pada respons dan kebijakan dari pihak Grab.

Berapa kali maksimal cancel Grab?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan cancel Grab, seperti SIM kadaluarsa, rating rendah, sering menolak atau membatalkan pesanan, melakukan kecurangan, dan sebagainya123.

Juga beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghindari denda cancel Grab, seperti membatalkan pesanan sebelum 5 menit dari waktu driver mengambil pesanan, membatalkan pesanan jika driver tidak tiba melebihi estimasi waktu kedatangan pertama kali muncul, atau membatalkan pesanan jika driver tampak sudah tiba di lokasi penjemputan pada aplikasi tetapi belum terlihat2.

Namun, tidak ada jaminan bahwa cara-cara ini akan berhasil untuk semua kasus. Besaran denda cancel Grab juga bisa berbeda-beda tergantung pada layanan yang dipilih, seperti GrabBike, GrabCar, atau GrabTaxi2.

Demikianlah beberapa cara mengaktifkan akun Grab yang dibekukan yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan akun Grab Anda bisa kembali normal. Selamat mencoba!

Leave a Reply