Home Grab Melihat Sistem Bagi Hasil Grab Food

Melihat Sistem Bagi Hasil Grab Food

Melihat Sistem Bagi Hasil Grab Food

Saat menjadi mitra Grab Food, maka produk makanan dan minuman akan dikenal konsumen dengan lebih luas. Pemilik bisnis makanan pun berpeluang memperoleh omzet hingga jutaan bahkan ratusan juta.

Namun, tentu dari keuntungan tersebut ada bagian yang harus dibagi dengan pihak Grab Food. Sistem yang diterapkan antara Grab Food dengan mitra merupakan sistem bagi hasil. Bagaimanakah sistem bagi hasil di Grab Food?

Di Grab Food, terdapat bagi hasil sebanyak 30%. Artinya dari pendapatan kotor yang diperoleh, 30% bagiannya merupakan milik Grab. Jadi semisal dalam 1 hari pemilik bisnis memperoleh omzet sebanyak Rp 3 juta. Maka sejumlah Rp 900.000 merupakan milik Grab Food.

Jika dilihat sekilas, jumlah yang menjadi bagian dari Grab Food ini mungkin nampak besar. Tetapi jika dicermati, sebenarnya jumlah ini juga terbilang masuk akal. Bagaimana bisa?

Sebab dengan menggunakan Grab Food, pemilik bisnis tidak perlu membayar lagi jasa kurir pengantaran, apalagi memikirkan dan mengatur soal biaya kirim. Pemilik bisnis juga tidak perlu melakukan promosi untuk produknya, sebab Grab lah yang akan melakukannya. Baca Ini Perhitungan Bagi Hasil GO-FOOD Bagi Si Pemilik Toko

Pemilik bisnis tidak perlu menyewa jasa seorang yang ahli di bidang pemasaran, apalagi membeli website guna mempromosikan produknya. Semua tugas itu dilaksanakan oleh Grab. Pemilik bisnis hanya perlu menyiapkan produksi yang optimal sehingga menghasilkan produk yang maksimal pula.

Untuk menyiasati jumlah keuntungan yang diperoleh, pemilik bisnis dapat meningkatkan harga produk 15% sampai 20% lebih mahal dari harga offline. Dengan begitu, margin yang diperoleh bisa digunakan untuk membayar biaya bagi hasil kepada Grab. Ingat bahwa mitra Grab Food alias pemilik bisnis tidak boleh membebankan biaya tambahan kepada konsumen. Jadi, pasanglah harga yang lebih tinggi sejak awal.

Cara Mendaftar Sebagai Mitra Grab Food

Berikut adalah informasi mengenai cara daftar Grab Food via online.

Langkah pertama mendaftar GrabFood secara online adalah mendownload aplikasi Grab. Untuk pengguna android dapat mendownloadnya di Playstore. Sedangkan pengguna Iphone dapat mendownloadnya di App Store. Setelah sukses terdownload, install aplikasi Grab di smartphone. Buka aplikasi.

Advertisements
  1. Klik menu yang penampakannya berupa tiga garis horizontal di bagian pojok kiri atas.
  2. Pilih ‘help centre’ atau ‘bantuan’
  3. Pilih ‘GrabFood’, kemudian pilih ‘Kemitraan’ atau ‘Merchant’
  4. Pilih ‘Saya tertarik bergabung dengan GrabFood
  5. Geser ‘Layar anda ke atas’
  6. Pilih ‘Data umum’

Sampai pada tahap ini, yang perlu diisikan adalah data tentang restoran dan makanan atau minuman yang hendak anda jual. Baca Pengalaman Join Go Food Plus Omzet yang Anda Dapat

  1. Isikan ‘Nama resto’
  2. Pilih jenis makanan atau minuman
  3. Pilih ‘Tags atau kategori resto’
  4. Pilih kategori di ‘sertifikasi resto’ (halal atau non halal)
  5. Isi ‘Deskripsi mengenai restoran’
  6. Pilih apakah harga menu ada PPN 10% ataukah tidak
  7. Isi ‘Service fee resto’, apabila ada
  8. Isikan alamat lengkap resto
  9. Isikan area lokasi resto
  10. Pilih lokasi di dalam mall ataukah tidak
  11. Isi lantai (apabila lokasi di dalam mall)
  12. Isikan kota, kecamatan, kelurahan, provinsi, kode pos, koordinat resto di google map
  13. Isikan nomor telepon, alamat email resto, nama, nomor telepon, nomor handphone, dan email penanggungjawab
  14. Masukkan foto makanan dan foto logo restoran
  15. Pilih ‘Menu’
  16. Pilih ‘Nama outlet’
  17. Pilih ‘Nama menu’
  18. Masukkan ‘Harga’
  19. Klik simbol ‘+’ untuk menambah menu lebih dari 1
  20. Pastikan seluruh data sudah lengkap. Apabila sudah, klik ‘Kirim’.

Jika sudah mengklik ‘kirim’, maka tunggu konfirmasi dari GrabFood. Konfirmasi tersebut biasa dikirimkan lewat email. Biasanya pendaftar GrabFood akan diminta untuk mendatangi Kantor Divisi Grab Food 2 minggu setelah pendaftaran. Baca Tutorial Cara Buka Suspend Gojek Manual

Disanalah nantinya akan dilakukan penandatanganan kontrak. Setelah penandatanganan kontrak, pendaftar mesti menunggu agar restorannya dapat muncul di aplikasi. Biasanya proses ini membutuhkan waktu 5 hari.

Berapa biaya mendaftar Grab Food? Mendaftar Grab Food tidak membutuhkan biaya apapun. Pendaftar hanya perlu menyediakan jaringan internet, smartphone serta dokumen yang sudah ditentukan.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan