Pesanan Reguler GoFood Adalah Kelebihan Plus Kekurangan

Posted on

GoFood adalah layanan pesan-antar makanan dari Gojek yang bekerja sama dengan banyak restoran di berbagai kota di Indonesia. Layanan ini digunakan oleh para pelanggan untuk bisa membeli makanan tanpa harus datang ke restorannya secara langsung. Selain itu, GoFood juga membantu para pelaku usaha kuliner untuk meningkatkan penjualan dan jangkauan pasar mereka.

GoFood memiliki dua tipe pemesanan, yaitu Pesan Antar dan Pickup. Pesan Antar adalah tipe pemesanan yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan makanan yang diantar oleh driver Gojek ke alamat yang dituju. Pickup adalah tipe pemesanan yang memungkinkan pelanggan untuk mengambil makanan yang sudah dipesan di restoran secara langsung.

Namun, ada juga fitur lain yang bisa dipilih oleh pelanggan GoFood, yaitu Mode Hemat. Mode Hemat adalah fitur yang memberikan opsi lebih ekonomis bagi pelanggan dalam bentuk bebas ongkir, dengan tambahan waktu pengiriman hingga 15 menit. Mode Hemat ini melengkapi fitur Reguler dengan ongkos kirim dan waktu pengantaran yang lebih cepat.

Apakah GoFood Kena Pajak restoran?

Pesanan Reguler GoFood Adalah Kelebihan Plus Kekurangan

Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah, Pajak Restoran adalah pajak yang dikenakan atas pelayanan yang disediakan oleh restoran, meliputi pelayanan penjualan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh pembeli, baik yang dikonsumsi pada tempat pelayanan maupun tempat lain.

GoFood merupakan platform yang menghubungkan restoran dengan pelanggan. GoFood tidak secara langsung menyediakan pelayanan penjualan makanan dan minuman, melainkan hanya sebagai perantara antara restoran dengan pelanggan. Oleh karena itu, GoFood tidak dikenakan Pajak Restoran.

Namun, restoran yang bergabung dengan GoFood tetap dikenakan Pajak Restoran atas penjualan makanan dan minuman yang dilakukan melalui GoFood. Besarnya Pajak Restoran ditetapkan oleh pemerintah daerah masing-masing, dengan tarif maksimal 10%.

Pajak Restoran yang dibayarkan oleh restoran kemudian disetorkan kepada pemerintah daerah melalui GoFood. GoFood berperan sebagai pemungut Pajak Restoran atas nama pemerintah daerah.

Selain Pajak Restoran, GoFood juga dikenakan pajak lainnya, yaitu Pajak Penghasilan (PPh) Badan. GoFood dikenakan PPh Badan atas keuntungan yang diperolehnya. Besarnya PPh Badan ditetapkan oleh pemerintah pusat, yaitu sebesar 22%.

GoFood juga dikenakan pajak lainnya, yaitu Pajak Pertambahan Nilai (PPN). GoFood dikenakan PPN atas jasa pengiriman makanan dan minuman yang disediakannya. Besarnya PPN ditetapkan oleh pemerintah pusat, yaitu sebesar 11%.

Contoh perhitungan pajak GoFood:

Misalnya, GoFood memperoleh keuntungan sebesar Rp100 juta,Maka, GoFood harus membayar PPh Badan sebesar Rp22 juta.

Selain itu, GoFood juga harus membayar PPN sebesar Rp11 juta, Jadi, total pajak GoFood adalah sebesar Rp33 juta.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa GoFood tidak dikenakan Pajak Restoran, tetapi dikenakan pajak lainnya, yaitu PPh Badan dan PPN.

Pesanan Reguler GoFood Adalah

 

Lalu, apa itu pesanan reguler GoFood? Pesanan reguler GoFood adalah pesanan yang menggunakan fitur Reguler, baik untuk Pesan Antar maupun Pickup. Pesanan reguler GoFood memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Waktu pengantaran yang lebih cepat. Pesanan reguler GoFood akan diantar oleh driver Gojek dalam waktu yang sesuai dengan estimasi yang ditampilkan di aplikasi. Biasanya, waktu pengantaran berkisar antara 15-45 menit, tergantung pada jarak dan kondisi lalu lintas.
  2. Pilihan restoran yang lebih banyak. Pesanan reguler GoFood dapat dilakukan di semua restoran yang terdaftar di GoFood, tanpa batasan jarak. Pelanggan dapat memesan makanan dari restoran favorit mereka, baik yang dekat maupun yang jauh dari lokasi mereka.
  3. Pilihan menu yang lebih variatif. Pesanan reguler GoFood tidak terbatas pada menu yang tersedia di kategori Mode Hemat. Pelanggan dapat memesan menu apapun yang ditawarkan oleh restoran, baik yang biasa maupun yang spesial.
  4. Pilihan pembayaran yang lebih fleksibel. Pesanan reguler GoFood dapat dibayar dengan berbagai metode pembayaran yang disediakan oleh Gojek, seperti GoPay, kartu debit, kartu kredit, atau tunai.

Cara Melakukan Pesanan Reguler GoFood

  • Pilih GoFood di beranda aplikasi Gojek.
  • Kamu dapat mengganti lokasi di bagian atas halaman Eksplor GoFood dan mengetik nama makanan atau restoran yang kamu cari di kolom pencarian.
  • Pilih resto yang kamu inginkan. Tanda centang berwarna hijau pada hasil pencarian restoran menandakan bahwa restoran tersebut telah menjalankan protokol J3K.
  • Pilih menu dan tentukan jumlah/porsi pesanan dengan mengklik pilihan ‘Tambah’. Kamu juga bisa menyesuaikan menu dengan seleramu pada menu berlabel ‘Bisa Custom’.
  • Untuk menambahkan alat makan dalam pesanan, silakan centang opsi berikut. Namun jika resto menjualnya secara terpisah, jangan lupa untuk menambahkan alat makan ke dalam item yang ingin kamu pesan.
  • Untuk memperjelas pesanan, tambahkan ‘Catatan’ (maks. 200 karakter) kepada resto, contohnya “tidak pakai sayur”, “tidak pedas ya”, dan lain-lain.
  • Jika sudah yakin, klik ‘Tambah pesanan’ untuk memasukan menu ke dalam halaman checkout pesanan.
  • Di halaman checkout, kamu dapat memilih tipe pemesanan antara Pesan antar atau Pickup. Pilih tipe pemesanan Pesan antar untuk pengiriman oleh driver Gojek atau Pickup untuk pengambilan langsung di restoran.
  • Masukkan alamat pengiriman. Kamu juga bisa langsung masukin pake fitur alamat favorit, cek infonya di sini.
  • Kamu juga bisa menandai pesanan sebagai hadiah untuk orang lain. Klik di sini untuk infonya.
  • Sebelum membuat pesanan, pilih metode pembayaran yang diinginkan, lalu klik ‘Pesan dan antar sekarang’.
  • Di halaman konfrimasi pesanan, pastikan menu yang kamu pesan dan metode pembayaran yang kamu pilih sudah benar. Jika ada yang ingin kamu ubah, klik tombol panah kembali di pojok kiri atas. Jika sudah yakin, klik ‘Konfirmasi pesanan’ untuk melanjutkan.
  • Setelah pesanan diterima, resto mungkin saja menghubungi kamu melalui fitur chat jika ada item yang perlu dikonfirmasikan lebih lanjut.

Itulah penjelasan tentang pesanan reguler GoFood dan cara melakukan pemesanannya. Pesanan reguler GoFood adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mendapatkan makanan dengan cepat, banyak, dan variatif. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Leave a Reply