Saldo BRI Berkurang Tapi Tidak Ada Mutasi Segera Lakukan Ini

Diposting pada

Saldo rekening bank adalah jumlah uang yang tersimpan di rekening nasabah. Saldo rekening bank bisa berkurang karena berbagai alasan, seperti transaksi pembayaran, penarikan tunai, transfer, biaya administrasi, dan lain-lain.

Namun, setiap perubahan saldo rekening bank seharusnya tercatat dalam mutasi rekening, yaitu riwayat transaksi yang bisa dilihat melalui buku tabungan, ATM, SMS banking, internet banking, atau mobile banking.

Lalu, bagaimana jika saldo rekening bank Anda berkurang tapi tidak ada mutasi rekening? Apa penyebab dan solusi dari masalah ini? Berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi dan cara mengatasinya.

1. Gangguan atau Perawatan Sistem Server BRI

Salah satu penyebab saldo rekening bank berkurang tapi tidak ada mutasi rekening adalah adanya gangguan atau perawatan sistem di layanan bank.

Hal ini bisa menyebabkan saldo rekening tidak sinkron dengan mutasi rekening, sehingga terjadi selisih antara keduanya. Biasanya, masalah ini bersifat sementara dan akan teratasi dengan sendirinya setelah sistem kembali normal.

Saldo BRI Berkurang Tapi Tidak Ada Mutasi Segera Lakukan Ini

Cara mengatasinya: Anda bisa menunggu beberapa saat sampai sistem bank kembali normal, kemudian cek kembali saldo dan mutasi rekening Anda. Jika masih ada perbedaan, Anda bisa menghubungi customer service bank untuk meminta penjelasan dan klarifikasi.

2. Kesalahan Input Data

Penyebab lain saldo rekening bank berkurang tapi tidak ada mutasi rekening adalah adanya kesalahan input data, baik dari pihak bank maupun nasabah.

Misalnya, saat Anda melakukan transaksi di ATM, Anda salah memasukkan nomor rekening tujuan, sehingga uang Anda terkirim ke rekening orang lain.

Atau, saat Anda melakukan transaksi di merchant, Anda salah memasukkan nominal pembayaran, sehingga uang Anda terpotong lebih besar dari yang seharusnya.

Cara mengatasinya: Anda harus segera melaporkan kesalahan input data ini ke pihak bank, agar bisa dilakukan pengecekan dan pengembalian uang. Anda juga harus menyertakan bukti transaksi, seperti slip ATM, struk pembayaran, SMS notifikasi, atau screenshot aplikasi. Selain itu, Anda harus lebih teliti dan hati-hati saat melakukan transaksi, agar tidak terjadi kesalahan input data lagi.

3.Kasus skimming ATM Bri

Skimming adalah sebuah modus penipuan yang dilakukan dengan cara mencuri data kartu ATM nasabah, seperti nomor rekening, PIN, dan saldo, dengan menggunakan alat khusus yang dipasang di mesin ATM.

Data kartu ATM yang dicuri ini kemudian digunakan untuk melakukan transaksi ilegal, seperti penarikan tunai atau transfer, tanpa sepengetahuan nasabah. Akibatnya, saldo rekening nasabah berkurang tapi tidak ada mutasi rekening, karena transaksi ilegal ini tidak tercatat dalam sistem bank.

Cara mengatasinya: Anda harus segera memblokir kartu ATM Anda, jika Anda curiga menjadi korban skimming. Anda juga harus melaporkan kasus ini ke pihak bank dan kepolisian, agar bisa dilakukan penyelidikan dan penindakan.

Selain itu, Anda harus lebih waspada dan berhati-hati saat menggunakan ATM, seperti menutupi jari saat memasukkan PIN, memeriksa kondisi mesin ATM, dan tidak menggunakan ATM yang mencurigakan.

4. Keterlibatan Pegawai Bank BRI

Penyebab paling jarang tapi tidak mustahil terjadi adalah adanya keterlibatan pegawai bank dalam mengurangi saldo rekening nasabah tanpa mutasi rekening. Hal ini bisa terjadi karena pegawai bank memiliki akses ke data nasabah, termasuk saldo rekening.

Pegawai bank yang tidak jujur bisa memanfaatkan akses ini untuk mengambil uang nasabah secara diam-diam, dengan cara menghapus jejak transaksi atau mengubah mutasi rekening.

Cara mengatasinya: Anda harus segera mengadukan masalah ini ke pihak bank, agar bisa dilakukan audit dan investigasi. Anda juga harus menyertakan bukti saldo rekening Anda, seperti buku tabungan, rekening koran, atau screenshot aplikasi.

Selain itu, Anda harus memilih bank yang terpercaya dan memiliki sistem keamanan yang baik, agar data dan uang Anda terlindungi.

5. Kasus Penipuan SMS Hadiah

Kasus penipuan SMS hadiah adalah modus penipuan yang dilakukan dengan cara mengirimkan SMS palsu yang mengatasnamakan bank atau lembaga tertentu, yang menginformasikan bahwa nasabah mendapatkan hadiah uang atau barang.

Namun, untuk mendapatkan hadiah tersebut, nasabah diminta untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening tertentu, atau memberikan data pribadi, seperti nomor rekening, PIN, atau OTP.

Jika nasabah tertipu dan mengikuti instruksi tersebut, maka uang atau data nasabah akan dicuri oleh penipu, sehingga saldo rekening berkurang tapi tidak ada mutasi rekening.

Cara mengatasinya: Anda harus mengabaikan SMS hadiah yang mencurigakan, dan tidak pernah memberikan uang atau data pribadi Anda kepada pihak yang tidak dikenal. Anda juga harus mengkonfirmasi kebenaran SMS hadiah tersebut ke pihak bank atau lembaga yang bersangkutan, jika Anda ragu. Selain itu, Anda harus lebih cerdas dan kritis dalam menerima informasi, agar tidak mudah tertipu.

6. Saldo Hilang di BRImo

BRImo adalah aplikasi mobile banking BRI yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan, seperti cek saldo, transfer, pembayaran, dan lain-lain.

Namun, beberapa nasabah mengeluhkan bahwa saldo rekening mereka hilang atau tidak muncul di BRImo, padahal di ATM atau buku tabungan masih ada. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gangguan jaringan, kesalahan sistem, atau kesalahan pengguna.

Cara mengatasinya: Anda bisa mencoba beberapa solusi berikut, jika mengalami saldo hilang di BRImo┬╣:

  • Restart aplikasi BRImo atau ponsel Anda.
  • Pastikan jaringan internet Anda stabil dan cepat.
  • Update aplikasi BRImo ke versi terbaru.
  • Logout dan login kembali ke aplikasi BRImo.
  • Hapus data dan cache aplikasi BRImo.
  • Uninstall dan install kembali aplikasi BRImo.
  • Mengunjungi Bank BRI terdekat dengan membawa Buku Koran agar Teller dapat mencetak riwayat mutasi dan penggunaan saldo.
  • Cek sisa saldo lewat ATM menggunakan kartu ATM.
  • Cek sisa saldo lewat aplikasi Mobile Banking BRI (BRImo).

Jika masih tidak berhasil, Anda bisa menghubungi customer service BRI untuk meminta bantuan dan penyelesaian.

Demikianlah artikel blog yang saya buat dengan topik “Saldo BRI berkurang tapi tidak ada mutasi”. Semoga artikel ini bermanfaat..

Gambar Gravatar
Seorang Blogger rumahan yang suka Menulis adalah kegiatan yang bisa membantu mengekspresikan ide dan pikiran secara kreatif.

Tinggalkan Balasan